Pengertian Kreatifitas

Pengertian Kreatifitas

Kreatifitas adalah kemampuan yang dimiliki oleh seorang anak untuk menghasilkan suatu karya yang berbeda dengan yang lain. Menurut Supriyadi (dalam Rachmawati dan Kurniati, 2005) 15 kreatifitas adalah kemampuan seorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gaya sari maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada, dan menurut Gardner (dalam Musfiroh, 2005) 51 kretaifitas adalah sesuatu yang baru dalam bidang tertentu yang akhirnya diakui.

Menurut Nuryati (2008) am11 kretifitas adalah kemampuan anak untuk mencipta, mengadaptasi gagasan baru dengan gagasan la yang muncul pada diri seorang anak yang memiliki rasa ingin tahu dan senang memecahkan masalah. Purnaningsih (2008) 6 yang dimaksud kreatifitas adalah suatu proses mental individu yang melahirkan gagasan, proses, metode ataupun produk baru yang bersifat imajinatif, fleksibel yang berguna dalam berbagai bentuk pemecahan masalah. Drevdahl(dalam Harlock- 1999) 4 mendefinisikan bahwa “ Kreatifitas adalah kemampuan seseorang untuk menghasilkan komposisi, produk atau gagasan apa saja yang pada dasarnya baru, dan sebelumnya tidak dikenal pembuatnya, ia dapat beberapa kegiatan imajinatif atau sintetis pemberian yang hasilnya bukan hanya perangkuman. Ia mungkin mencangkup pembetukan pola baru dan gabungan informasi yang diperoleh dari pengalaman sebelumnya dan pencangkokan hubungan lama ke situasi baru. Ia harus mempunyai maksud atau tujuan yang ditentukan, bukan fantasi semata, walaupun merupakan hasil yang sempurna dan lengkap, Ia mungkin dapat berbentuk produk seni, kesusastraan, produk ilmiah, atau mungkin bersifat prosedural atau metodologis “.

Berdasarkan beberapa definisi para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa kreatifitas adalah kemampuan seorang anak untuk melahirkan atau mencipta suatu hasil karya atau produk baru yang diperoleh dari pengalaman yang telah dilaluinya dan dapat untuk memecahkan suatu masalah.

Serba serbi info : http://serbasuka.blogspot.com

0 komentar:

follow

free counters

728px X 15px


Entri Populer

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

informasi