Pentingnya Pengembangan Kreatifitas Anak, Sejak Dini

Pentingnya Pengembangan Kreatifitas Sejak Dini

Manusia lahir sudah membawa potensi kreatif, namun dalam perkembangannya potensi kreatif itu akan hilang karena terpengaruh oleh lingkungan. Bila potensi kreatif anak tidak dikembangkan sejak dini akan berpengaruh di kehidupan masa depan anak dan di usia dewasanya anak akan mudah putus asa, suka meniru hasil karya orang. Bila potensi kreatif dikembangkan sejak dini akan menciptakan atau membentuk generasi-generasi yang tangguh, dapat menciptakan produk-produk kreatif dan dapat membuka lapangan kerja sendiri.


Menurut Munandar (1999) (dalam Rachmawati dan Kurniati, 2005) (40-41) kreatifitas perlu dipupuk sejak dini, disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini:

1. Dengan berkreasi orang dapat mewujudkan dirinya, dan perwujutan diri merupakan kebutuhan pokok pada tingkat tertinggi dalam hidup manusia. Dan kreatifitas merupakan manifestasi dari individu yang berfungsi sepenuhnya.

2. Kreatifitas atau berfikir kreatif sebagai kemampuan untuk melihat bermacam-macam kemungkinan penyelesaian terhadap suatu masalah.

3. Bersibuk diri secara kreatif tidak hanya bermanfaat pada diri pribadi dan lingkungan, tetapi terlebih juga memberikan kepuasan kepada individu.

4. Kreatifitas yang memungkinkan manusia meningkatkan kualitas hidupnya.


Serba Serbi Info : http://serbasuka.blogspot.com

0 komentar:

follow

free counters

728px X 15px


Entri Populer

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

informasi